Deklarasi Ketahanan Pangan Universitas Indonesia, TNI, & Iwan Fals

gerakan-ketahanan-pangan1Universitas Indonesia Youth Environmental Action (UIYEA) bersama jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan musisi Iwan Fals mendeklarasikan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan di Kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat, pada Senin 17/11/2014.

Deklarasi yang dibacakan oleh M Ivan Riansa, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia itu berisi 4 butir penting terkait Ketahanan dan Kedaulatan Pangan, yakni turut serta dalam pengembangan dan peningkatan produksi pangan nasional di sektor maritim dan kontinental sesuai keahlian masing-masing.

Butir berikutnya adalah melakukan pengembangan dan peningkatan produksi pangan nasional melalui pengelolaan sumberdaya alam dan manusia yang berwawasan lingkungan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, kemandirian, serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Butir terakhir deklarasi adalah mengedepankan konsumsi produk pangan nasional dan mengawasi serta mengevaluasi kebijakan impor bahan pangan oleh pemerintah menuju Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional.

Turut hadir dalam deklarasi itu sejumlah pejabat penting antara lain Mayjen I Gede Sugiarto (Asisten Teritorial Mabes TNI), Nur Mahmudi Ismail (Walikota Depok), Prof Dr Bambang Wibawarta (Pejabat Rektor UI) dan sejumlah guru besar Universitas Indonesia beserta elemen mahasiswa.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Mayjen I Gede Sugiarto, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengungkapkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan tidak lagi sekadar mimpi, tetapi dapat dicapai antara lain melalui infrastruktur yang memadai serta ketersediaan pupuk dan alat pertanian. Pada cara itu juga digelar konser musik Iwan Fals di Boulevard Universitas Indonesia. Konser  yang disesaki penggemar setia Iwan Fals itu mengusung tema “Bergerak Bersama Untuk Ketahanan Pangan Yang Berdaulat”.

gerakan-ketahanan-pangan3 gerakan-ketahanan-pangan2

gerakan-ketahanan-pangan6 gerakan-ketahanan-pangan4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

90 − = 89