Delima Bersihkan Lambung

delima

Kabar bahagia bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan mulai dari mag dan tukak lambung. Salah satu obatnya adalah buah delima. Buah delima ternyata berkhasiat membersihkan lambung.

Khasiat delima untuk membersihkan lambung tersebut telah terbukti secara ilmiah. Riset HR Rahimi dan rekan dari Department of Toxicology and Pharmacology, Faculty of Pharmacy, Teheran University, Iran, pada 2011 membeberkan bila semua bagian tanaman delima mulai dari kulit, daging buah, hingga biji adalah obat lambung.

Apa keistimewaan delima? Rahimi menjelaskan delima mampu menghambat pertumbuhan bakteri Heliobacter pylori sekaligus mencegah bakteri tersebut menempel di dinding lambung. Bakteri Heliobacter pylori memang mikrob penyebab utama gangguan lambung yang prevalensi kejadiannya di Asia diperkirakan mencapai 60%. Nah salah satu aktivitas penting dari senyawa di buah delima cukup membuat bakteri bak kehilangan cengkeraman untuk menempel sekaligus hidup di dinding lambung.

Penelitian NS Gill dari Rayat School of Pharmacy di India juga mempertegas khasiat delima sebagai penyembuh gangguan lambung. Pun riset yang dilakukan Supayang PiyawanVoravuthikunchai dari Princes of Songkhla University di Thailand yang mengungkapkan bila kulit delima dapat mencegah resistensi obat modern dengan sifat antibakterinya.

Secara empiris delima sudah digunakan masyarakat untuk mengatasi nyeri lambung, perut kembung, dan gangguan perut lainnya. Pemanfaatannya sederhana dengan cara merebus kulit akar atau kulit kayu yang telah dikeringkan. Cara lain yang mudah segeralah membuat jus delima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 + = 89