Detoksifikasi? Ini Jadwalnya

Secara alami tubuh melakukan detoksifikasi atau membersihkan diri melalui pembuangan zat-zat beracun atau zat tidak berguna untuk tubuh.

Bentuk detoksifikasi tersebut adalah membuang air besar dan air kecil. Sayangnya, pola hidup modern saat ini seperti junk food hingga sering tidur larut malam dapat memicu terganggunya proses detoksifikasi di tubuh.

Lantas bagaimana agar proses detoksifikasi alami di tubuh berjalan sebagaimana mestinya? Kuncinya adalah mengetahui waktu proses tersebut.

1. Pukul 19.00-21.00 merupakan waktu detoksifikasi sistem kekebalan, yakni kelenjar limfa. Waktu ini perlu diluangkan dengan relaksasi melalui berdoa, yoga atau mendengarkan musik.

2. Pukul 23.00-01.00 adalah waktu detoksifikasi dalam hati yang berjalan bagus bila dilakukan dalam keadaan tidur nyenyak.

3. Pukul 01.00-03.00 merupakan waktu detoksifikasi di empedu, juga paling bagus dilakukan dalam keadaan tidur nyenyak. Pada saat ini sumsum tulang belakang juga memproduksi sel-sel darah.

4. Pukul 03.00-05.00 adalah detoksifikasi di paru-paru. Penderita batuk terkadang mengalami batuk berat pada saat ini. Karena proses detoksifikasi telah mencapai tahap pernafasan, tidak perlu meminum obat batuk agar tidak mengganggu proses pembuangan zat beracun.

5. Pukul 05.00-07.00 adalah detoksifikasi di usus besar.

6. Pukul 07.00-09.00 merupakan waktu penyerapan gizi di usus kecil, sehingga perlu sarapan pada saat ini. Hindari tidak makan sama sekali karena dapat membuat Anda tidak sehat.

2 Responses to Detoksifikasi? Ini Jadwalnya

  1. Artikelnya sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 8 = 1