Di Tanah Dulu Lantas Kantong Tanam

kantong-tanam-manggaPehobi lazim menanam bibit buah dari polibag langsung ke kantong tanam, tanpa melakukan penanaman terlebih dahulu di tanah. Selain praktis, cara itu memang tidak merepotkan ketika tiba saatnya memindahkan tanaman itu.

Sejatinya terdapat kelebihan apabila bibit tanaman itu ditanam dahulu di tanah selama 4-5 bulan sebelum dipindahkan ke kantong tanam atau drum. “Batang tanaman akan menjadi lebih besar. Dengan ukuran lebih besar, penyerapan nutrisi akan lebih baik,” ujar Sarmidi, penangkar buah di Tangerang, Provinsi Banten.

Dengan batang lebih besar itu Sarmidi menuturkan, produksi buah pun bakal lebih banyak meski pada awal sesudah bibit dipindahkan ke kantong tanam, buah perdana tertunda. Batang besar juga mampu menopang cabang-cabang tanaman yang sarat buah. “Dengan kombinasi bentuk percabangan 1-3-9, tanaman akan rimbun serta kuat,” ujar pria 47 tahun itu.

Agar bibit di tanah juga prima saat penanaman awal, Sarmidi memakai media tanam yang terdiri atas kompos, kotoran kambing, sekam mentah, dan serasah bambu dengan perbandingan 3:0,5:1:1. Sarmidi juga memberikan 2 sendok makan kapur tohor alias pertanian untuk menjaga pH tanah. Seluruh bahan itu diaduk rata lantas dibenamkan di lubang tanam 60 cm x 60 cm sedalam 45 cm. “Pengisian media sekitar sekitar 3/4 tinggi lubang. Tutup memakai plastik dan biarkan selama 2-3 minggu sebelum bibit ditanam,” katanya.

Pada saat tanaman muda mencapai umur 4-5 bulan, pindahkan ke kantong tanam yang sebelumnya diisi 1/3 media tanam serupa dengan penambahan pupuk guano yang mengandung fosfat supaya tanaman lebih tersebut produktif. Setelah tanaman ditanam di kantong tanam, lakukan pemupukan rutin memakai pupuk kandang saban 4 bulan sebanyak 3-4 kg.

Pemupukan itu dikombinasi pula dengan pemberian pupuk NPK seimbang 15:15:15 dosis 2 sendok makan setiap 3 bulan. Saat pohon berbunga, gunakan pupuk NPK 16:16:16 dan berikan pupuk kandang sebanyak 5 kg. Saat bunga menjadi bakal buah, lakukan sedikit pemangkasan ranting dan daun sehingga sinar matahari dapat masuk ke bagian tengah tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 − 48 =