Digital Egg Tester

digital-egg-testerKeamanan pangan menjadi isu penting di dunia saat ini. Salah satu pangan yang mendapat perhatian dunia adalah telur yang produksinya saban tahun mencapai miliaran butir.

Sejatinya kualitas telur dapat ditentukan melalui pengamatan eksterior, meliputi bentuk, warna, ketebalan cangkang, tekstur, dan kebersihan, serta pengamatan interior, yaitu peneropongan isi telur.

Pada produksi skala besar, diperlukan evaluasi lebih dalam dengan sampel acak untuk mengetahui kondisi telur layak konsumsi. Evaluasi itu menggunakan perhitungan indeks putih telur, indeks kuning telur, dan indeks haughs (perbandingan antara putih telur kental dan putih telur encer, red). Selama ini ketiganya dihitung secara manual memakai rumus.

Kondisi tersebut kini dapat dipercepat dengan tingkat akurasi tinggi memakai alat digital egg tester DET 6000 yang ditampilkan pada Indo Livestock 2016.  Alat yang diproduksi Nabel dari Kyoto, Jepang itu, mampu mendeteksi kualitas telur berdasarkan aneka parameter seperti ketebalan cangkang, rata-rata bobot telur hingga warna kuning telur.

Alat berbobot sekitar 0,5 kg dan bertenaga baterai lithium itu juga dilengkapi sinar laser yang mampu mengukur kondisi putih telur alias albumin. Semua hasil uji tersebut disajikan secara digital dalam waktu relatif singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1