Pacu Durian Berbunga

Durian gampang-gampang susah dirawatnya. Durian memerlukan panas sepanjang 8 minggu supaya berbunga. Kondisi itu diperkuat dengan menyusutnya air permukaan yang membuat akar pohon durian stres dan pohon akan berbunga.

Bunga durian muncul berkelompok di sepanjang dahan horizontal. Bunganya bergerombol dalam tandan bunga yang bercabang-cabang dan menggantung bak pendulum. Kutum bunga yang belum mekar memiliki bentuk bulat telur.

Sejatinya durian termasuk jenis tanaman yang menyerbuksilang sehingga memerlukan 2 tanaman yang kompatible (cocok) untuk kawin bunganya. Oleh sebab itu bila Anda hanya menanam satu pohon, dan dalam radius 2-3 kilometer tidak ada durian lain (dengan asumsi pemencaran serbuk antarbunga dibantu oleh serangga dan kelelawar) kecil kemungkinan pohon tersebut berbuah.

Sudah begitu durian dari kultivar yang sama meski sudah sepasang terbukti tidak saling cocok untuk menyerbuki. Persentase keberhasilannya kecil 1-2%. Yang terbaik saling menyilang di antara 2 kultivar berbeda. Itulah yang terjadi pada durian di hutan.

Namun tak perlu berkecil hati, untuk sementara penelitian menyebutkan durian kultivar matahari-otong-hepe menunjukkan kompatible dengan sesamanya. Di negeri Jiran Malaysia, durian unggul D24 diserbuki oleh durian D28 sehingga produksi buahnya mencapai 40%. Di Thailand supaya mudah dilakukan penyerbukan dengan bantuan manusia yang disebut sebagai assisted cross pollination.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 1