Elok Adenium Kaki Gurita

Sejak 10 tahun silam adenium yang menonjolkan akar memang digandrungi. Berawal dari Thailand, lantas merambah pada pemain adenium di tanahair. Model itu yang masih diproduksi Rumah Tani dari Karangtengah, Tangerang, Provinsi Banten saat pameran Flona 2017 di Lapangan Banteng, Jakarta Selatan.

Model yang populer sebagai adenium kaki gurita itu dibentuk dengan merangsang tumbuh akar di sekeliling batang lantas diseleksi. Arahnya diatur sedemikian rupa sehingga mengelilingi batang. Waktunya? Sejak pertumbuhan akar dikontrol mulai tanaman berumur 3-4 bulan, hingga bersosok dewasa dengan penampilan prima mencapai 5-6 tahun.

Prinsip bonsai memang dipakai dalam pengaturan akar tersebut. Singkat kata, akar yang arah tumbuhnya menutupi akar lain diikat tali plastik, lalu ditarik ke arah yang dikehendaki. Bila sulit dan diperkirakan berpenampilan tidak elok ke depannya, akar tersebut dipotong dan akar lain diregangkan agar jarak antarakar teratur.

Teknik training akar memang memerlukan ketekunan tinggi karena lebih sulit ketimbang membentuk cabang. Setidaknya akar harus rajin bongkar media minimal saban 3-4 bulan. Kesulitan lain, ukuran akar bisa beragam saat tumbuh sehingga kurang proporsional. Itu diatasi dengan memberi pupuk NPK seimbang di sekitar akar yang lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − = 33