Eucalyptus Pereda Insomnia

eucalyptus1Sukman bukan tidak mau menjalani aktivitas normal dalam keseharian:  tidur malam dan bangun pada pagi hari. Namun tuntutan pekerjaan sebagai staf keamanan di sebuah perusahaan transportasi di Tangerang, Provinsi Banten, membuat pola tidurnya berubah. “Istirahatnya tergantung jadwal piket. Ini sudah berlangsung sekitar 12 tahun,” ujar pria 42 tahun itu.

Pola tidur yang tidak teratur secara konsisten dalam rentang waktu lama itu yang berujung Sukman menderita insomnia alias sulit tidur. “Tidur hanya bisa sebentar, sedikit-sedikit terbangun. Sulit untuk tidur nyenyak,” katanya.

Sejatinya insomnia adalah ketidakmampuan tidur dalam rentang waktu tertentu saat tidur normal. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 8 jam tidur. Orang yang mengalami insomnia cenderung mengalami gangguan seperti sulit tidur dan sering terbangun malam yang berdampak kepada ritme biologis tubuh.

eucalyptus2Meski kasus insomnia banyak, tapi penderita insomnia jarang mencari solusi atas kondisi itu. Menurut eMedicine Health, kelompok berisiko mengalami kesulitan tidur antara lain orang yang berpergian, orang yang bekerja bergiliran, orang lanjut usia. mahasiswa atau usia dewasa awal, orang berpenyakit kronis, wanita hamil, dan wanita menopouse.

Derita Sukman sebetulnya dapat diatasi dengan meminum air rebusan kulit batang Eucalyptus Melaleuca leucodendra. Tanaman penghijauan itu memiliki senyawa kimia yang bersifat menenangkan tubuh. Resepnya adalah 6-10 gram kulit batang Eucalyptus direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Konsumsi sehari 2 kali dengan dosis masing-masing setengah gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 79