Gairah Mancing Lele

lele1Setelah menunggu selama 5 menit mendadak Ayung menyentak keras tali pancingnya. Wajahnya sumringah. Otot-otot tangannya tampak mengeras menahan laju sang lele yang terus meronta-ronta dan bergerak ke arah berlawanan. Dengan sabar pria yang menetap di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan itu mengulung tali pancing. “Asik dan bergairah menariknya,” ujar ayah 2 putra itu.

Pemandangan itu dapat disaksikan di pemancingan lele Empang Betawi Ngumpul di Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa. Ayung hanya salah satu para pengail yang kesemsem memancing lele. Contoh lain Iwan. Berbekal burayak patin dan cacing tanah pria 52 tahun itu mengadu nasib mengail ikan bersungut itu. Pada sesi mancing pertama mulai pukul 14.00-17.00 kakek 1 cucu itu berhasil mengail 6 lele berbobot rata-rata 1,5-2 kg. “Tarikan lele berbeda dibandingkan ikan mas dan patin. Lebih kuat,” katanya.

Kolam pemancingan Empang Betawi Ngumpul hanya salah satu kolam pemancingan lele yang kini tengah tren. Di seputaran Kecamatan Jagakarsa setidaknya terdapat 9 pemancingan lele serupa dengan luas kolam rata-rata 1.000-1.500 m2. Untuk kolam seukuran itu biasanya pemilik kolam membenamkan antara 2-2,5 ton lele. Harga tiket mancing rata-rata Rp60.000 per 3 jam. Dalam sehari biasanya digelar 2 kali sesi mulai pukul 14.00-17.00 dan 19.30-22.30.

Nah yang membuat Ayung dan Iwan menyukai memancing Clarias sp itu karena ukuran lele yang dipancing masuk kategori lele bapukan. Lele bapukan adalah lele jumbo berbobot minimal 1 kg dengan panjang tubuh hingga ukuran lengan orang dewasa.

lele2Di kolam Betawi Ngumpul lele bapukan terbesar berbobot hingga 9 kg. Lima tahun lalu lele bapukan nyaris tidak memiliki nilai lantaran tidak masuk kategori konsumsi. Paling banter nasibnya hanya berujung di kolam-kolam rumah makan.

Memancing lele ternyata tidak seheboh ikan mas atau patin dari sisi umpan. Menurut Ayung umpan memancing lele murah meriah. Ayung menggunakan 3 jenis umpan yakni anakan ikan, cacing tanah, dan pelet yang dihaluskan serta dicampur telur bebek dan sedikit cacahan daging sapi. “Satu kali mancing biaya umpan hanya Rp30.000,” katanya. Nilai yang mini, tapi sensasi yang maksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 44 = 49