Galeri Kontes Kambing Kaligesing Bupati Cup 2017

Sekitar 125 kambing peranakan etawa (PE) saling beradu elok pada kontes Kambing Kaligesing Bupati Cup 2017 di lapangan Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Kontes seri ke-3 setelah lomba serupa di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman tersebut, digelar oleh DPP Persatuan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkkanas). “Selain silaturahmi antarpeternak, ajang ini juga melantik pengurus harian DPD Perkkanas Gunungkidul,” kata Wahyu Nugroho, panitia kontes kepada bebeja.com.

Terdapat 4 kelas yang dipertandingkan, yakni kelas A, B, C, dan D. Setiap kelas dibedakan berdasarkan kondisi fisiologis. Kelas C, misalnya mempunyai kriteria tinggi gumba sekitar 70 cm. Kelas C yang isi kambing bakalan, menjadi kelas dengan jumlah kontestan terbanyak. “Sekitar 30% dari total peserta,” ujar Wahyu Nugroho.

Penilaian kambing kaligesing yang memiliki ciri khas warna bulu putih serta hitam itu seperti postur badan ideal (tinggi, panjang, besar, padat, dan seimbang) dan bentuk kepala (besar, pendek, cembung, dan setengah lingkaran). Penilaian itu penting karena untuk memperoleh calon-calon unggul kambing peranakan etawa yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 4 =