Genjer Penambah Nafsu Makan

genjerSetiap kali pulang ke rumah orangtua di Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Endah (24 tahun) selalu meminta sang bunda untuk memasak tumis genjer. Itulah sayuran favorit mahasiswi pertanian Institut Pertanian Bogor.

Gendot, begitu Endah menyebutnya, ditumis dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, hingga sedikit dibubuhi ebi alias udang kering. “Saya selalu minta pakai cabai hijau yang banyak biar segar dan pedas,” ujarnya.

Genjer Limnocharis flava memiliki aneka khasiat. Ia dikenal sebagai sayuran yang bisa menambah nafsu makan. “Direbus sebentar lalu dicocol dengan sambal, sudah enak,” kata Safitri di Kramatdjati, Jakarta Timur yang seringkali membuat oseng-oseng genjer. “Yang makan pasti ingin minta lagi,” katanya. Bagi masyarakat di Jawa Timur, genjer juga populer sebagai salah satu sayuran pelengkap untuk pecel dan urap.

Kemampuan genjer sebagai penambah nafsu makan tersebut tak lepas dari kehadiran senyawa kardenolin, flavonoid dan polifenol. Khasiat itu pula yang dipakai oleh banyak warga di desa-desa di Thailand Selatan. Mereka akan memanaskan daun-daun genjer sebentar di atas bara api sebelum langsung menyantapnya.

Tak hanya menambah nafsu makan, genjer juga mujarab bagi penderita sulit buang air besar. Hal itu lantaran genjer berlimpah serat yang mencapai 3,8% dari bobot tanaman. Genjer pun memiliki syarat kecukupan gizi lantaran mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral hingga vitamin. Riset JS Bujang dan rekan seperti tertuang pada Journal of Applied Sciences 9 (16): 2 menjumpai kadar kalsium tinggi pada genjer. Artinya konsumsi genjer dapat mencegah osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 3