Getah Kelor Obat Raja Singa (Sifilis)

kelor

Penyakit raja singa alias sifilis yang dijumpai pada pria merupakan penyakit menular kelamin akibat bakteri anggota filum Spirochaetae, Treponema pallidum. Penularan penyakit melalui hubungan kelamin itu momok besar di negara-negara dunia ketiga. Pada 1990-an penderita sifilis mencapai 0,2% dari 10.000 pria.

Jumlah itu saat ini diperkirakan jauh lebih besar. Riset LJ Fuglie di Nikaragua menyebutkan getah kelor Moringa oleifera yang berupa cairan eksudat bila tanaman itu dilukai oleh serangga, terbukti sejak lama manjur mengobati sifilis pada lelaki di negara-negara Afrika. Namun, penelitian tersebut belum bisa mengungkap senyawa penting antibakteri sifilis itu. Harap mafhum kelor memiliki 100-an senyawa aktif seperti isosianat heptadecane octadecan dan henicosane karbamat acid sehingga perlu penapisan dalam waktu lama.

Khasiat kelor memang segudang. Menurut Jed W Fahey, ahli biokimia nutrisi dari John Hopkins School of Medicine di Amerika Serikat pada 2005 telah merangkum beragam penelitian khasiat Moringa oleifera. Dalam Trees for Life Journal: A Review of the Medical Evidence for Its Nutritional, Theurapeutic, and Prophylactic Properties, Part 1, doktor nutrisi manusia itu menyebutkan terdapat 169 penelitian yang melibatkan seluruh bagian tanaman perdu yang bisa mencapai tinggi 11 meter itu untuk kesehatan.

sifilisSalah satu penelitian kelor yang tergolong istimewa dilakukan oleh Prazuk dan kawan-kawan dari Groupe d’Etudes Epidemiologiques et Prophylactiques, Villeneuve St Georges di Perancis. Publikasinya di jurnal AIDS volume 7 pada 1993 itu menyebutkan peran daun tanaman asli India itu sebagai sebagai nutrisi yang kaya protein dan mineral. Nutrisi dari tanaman yang bisa hidup sampai di ketinggian 500 m dpl itu memicu sistem kekebalan tubuh alami pada anak-anak pengidap HIV dan AIDS di Burkina Faso, Afrika Barat.

banner-bawang-dayakSementara itu kulit batang kelor juga mujarab menjadi penawar racun ular dan kalajengking. Manfaat lain juga terungkap oleh K Heyne dalam buku Tumbuhan Berguna Indonesia II. Di sana Heyne memaparkan bila kulit batang kelor yang ditumpuk mujarab sebagai obat demam, radang tenggorokan hingga alat kontrasepsi alami untuk mengurangi laju kelahiran. Bahkan tumbukan kulit yang dicampur kapur sirih dapat mengatasi mengobati tremor alias gemetar. Caranya dengan membalurkan campuran tersebut di bagian yang tremor.

Bunga, akar, dan getah tanaman yang daunnya bulat telur serta tersusun memanjang itu juga bermanfaat. Dalam risetnya Nuraini Istiqomah dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran di Bandung, Jawa Barat, pada 2007 menyebutkan kulit akar kelor mampu menyembuhkan pembengkakan dan sariawan dengan cara mengoleskan ekstrak kulit akar tersebut di bagian yang sakit. Konsumsi rebusan akar kelor dapat pula membantu mengobati penyakit asma menahun.

4 Responses to Getah Kelor Obat Raja Singa (Sifilis)

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, thanks.

  2. Mohon info obat herbal alami untuk penyakit hidrokel pada pria umur 34 tahun. Terimakasih

    • Tindakan terbaik pada kasus ini dengan melakukan operasi. Herbal hanya mengurangi dampak akibat penyakit ini. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

41 − 37 =