Hidroponik Kangkung di Teras Rumah

kangkungBertanam kangkung secara hidroponik di teras rumah? Mengapa tidak! Cobalah memakai cara Dr Eduardo Paningbatan Junior, pensiunan peneliti di Los Banos, Filipina.

Eduardo membuat hidroponik kangkung sederhana memakai drum plastik. Awalnya drum itu dibelah menjadi dua bagian. Di atas drum itu lantas ditaruh kawat ram. Beberapa bagian kawat ram dibuka lebih lebar supaya nantinya dapat dipakai untuk menyelipkan pot tanam hidroponik. “Drum dapat diisi air nutrisi sampai berjarak 10 cm dari bibir drum,” kata Eduardo.

Pot tanam yang cukup memakai botol ukuran 1,5 liter. Botol yang bagian atasnya telah dibuang itu, sepertiga bagian dari dasar botol dilubangi sekelilingnya memakai paku. Lubang itu akan menjadi jalan nutrisi ke media tanam pot yang memakai sekam atau kompos. Eduardo menjelaskan supaya air drum tidak menjadi media berkembangnya jentik nyamuk, ia menebarkan beberapa ikan nila.

Share and Enjoy

2 Responses to Hidroponik Kangkung di Teras Rumah

  1. Gimana bisa dapatkan nutrisi hidroponik atau AB mix?

    • Nutrisi hidroponik dapat dibuat sendiri. Namun untuk langkah praktis, penyedia perlengkapan hidroponik biasanya juga sudah menjual nutrisi hidroponik. Nantikan tulisan kami tentang cara meracik nutrisi hidroponik. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>