Hinamatsuri Hari Anak perempuan

Hinamatsuri

Adik-adik yang kakak Bebeja sayangi, kakak mau bercerita tentang Hari Anak Perempuan atau hinamatsuri di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit tersebut anak perempuan memiliki hari khusus yang dirayakan oleh setiap keluarga yang mempunyai anak perempuan. Mirip Hari Ibu di tanahair yang dirayakan 22 Desember setiap tahun.

Hari Anak Perempuan di Jepang berlangsung pada awal Maret setiap tahun. Pada saat itu setiap anak perempuan akan memajang satu set boneka yang terdiri dari raja, ratu, putra, dan putri raja serta kelompok pemusik (hinaningyo) yang disusun bertingkat dengan sajian bunga momo (pear) atau makanan dan minuman tradisional seperti sirozake (sake putih), hinaarare (semacam kue manis kering), dan hishimochi (semacam kue ketan).

Adik-adik sejarah hinamatsuri berawal sejak masa Heian (Sekitar 1.200 tahun yang lalu). Masyarakat Jepang saat itu melakukan acara misogi untuk mensucikan diri dari berbagai penyakit, kesialan, atau dosa dengan cara melarung boneka yang terbuat dari dibuat dari rumput atau kertas ke sungai atau nagashibina. Adik-adik hinamatsuri menjadi lebih populer di seantero Jepang sejak Jaman Dinasti Edo pada abad ke-18 hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

55 − = 51