Ikat Leher Suara Perkutut Merdu

perkutut

Perkutut bersuara indah menjadi dambaan pemiliknya. Namun seringkali saat ia berbunyi terdengar suara noklak. Suara noklak adalah suara pecah, bunyinya menjadi klak. Bagi pehobi suara seperti itu jelas tidak enak didengar karena yang diharapkan adalah suara ujungnya berbunyi kung.

Banyak cara dilakukan pehobi supaya suara noklak perkutut tersebut bisa diatasi. Salah satunya dengan mengikat leher burung. Hampir semua pemain perkutut pernah mempraktekkan cara itu.

Fungsi ikat leher itu hanya menyempurnakan suara. Sebab bila perkutut asalnya memang tidak memiliki potensi suara bagus, biar diikat bagaimana pun hasilnya tetap jelek. Pada umur 2,5 bulan perkutut biasanya mulai bersuara sehingga di saat itu perkutut jempolan bisa diseleksi.

Sejatinya tidak semua pehobi menyukai cara ikat leher perkutut itu. Yang kontra menyebutkan alasan mendengar suara perkutut ibarat mendengarkan seni suara. Jadi bila diikat suara perkutut memang menjadi indah tetapi tidak alami. Padahal seni suara perkutut tersebut harus alami. Terlepas dari kontroversi itu, penggunaan ikat leher pada perkutut sudah umum dilakukan. Bahkan di Thailand cara yang dipopulerkan pehobi perkutut di Pulau Madura pada 1970-an itu itu sudah dipakai sejak akhir 1990-an.

Meskipun cuma sekadar mengikat, ternyata butuh keahlian untuk bisa melakukan pengikatan. Salah mengikat berujung perkutut tidak mengeluarkan suara. Kalaupun keluar suaranya tidak meliuk-liuk, tertahan oleh ikatan.

Pemasangan juga tidak boleh terlalu longgar karena bisa membuat paruh burung masuk ke dalam ikatan dan burung tercekik. Nah, tali biasanya dipasang pas seukuran tubuh burung. Namun, cara itu cukup berisiko lantaran tidak ada ukuran pasti, semua masih memakai metode kira-kira.

Tali ikat yang dipakai biasanya nilon. Nilon dipilih karena tipis,halus serta tidak mudah putus. Posisi ikatan harus dekat kulit. Bila terhalang bulu tidak akan berguna. Sebab cukup rumit banyak pehobi memilih untuk menggunakan jasa pengikatan untuk memasang tali di leher sang perkutut. Tali tersebut biasanya dipasang dua hari sebelum lomba. Bila sehari-hari tali tersebut harus dibuka agar sang perkutut nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =