Jahe Merah Musuh Rematik

jahe-merahSalita Rahma di Bandung, Jawa Barat, kerap didera rasa nyeri di pergelangan kaki hingga telapak kaki. “Seminggu bisa 3 kali,” tutur ibu 1 anak itu.

Rasa nyeri itu muncul berulang-ulang saat Salita bangun tidur. Saat ia terpapar udara dingin, kondisi perempuan pehobi anggrek itu semakin parah. Rasa nyerinya menjalar hingga ke seluruh tubuh.

Perempuan 45 tahun itu merasakan gejala nyeri sejak 10-an tahun. “Saya sering kecapaian karena pulang larut malam. Sewaktu bangun tidur sering terasa nyeri di pergelangan kaki,” ujarnya.

Salita menduga nyeri itu hanya gejala asam urat. Gejala rematik meliputi nyeri sendi, nyeri tulang hingga bengkak dan memang paling terasa saat penderita terkena udara dingin. Harap mafhum udara dingin menyebabkan saraf pada persendian mengerut.

Sejatinya rematik terbagi menjadi 3, yaitu rematik degeneratif, autoimun, dan asam urat. Rematik degeneratif terjadi karena faktor keturunan dengan 60% penderita perempuan. Pun rematik autoimun alias artritis reumatoid yang 70% dialami perempuan. Itu terjadi karena karena faktor hormonal pada perempuan. Pria? Sekitar 70% menderita rematik urat.

Pra dokter biasa menyarankan untuk memperbaiki pola hidup seperti menghindari lelah, menjaga bobot, dan mengatur pola makan, terutama bagi penderita rematik asam urat. Dokter juga akan meresepkan obat antiradang atau antinyeri yang bersifat meringankan gejala. “Saya rutin mengonsumsi obat dokter,” ujar Salita.

Rimpang jahe merah dapat menjadi solusi untuk memperingan rematik. Riset Nurul Fitriyah dari FMIPA Universitas Indonesia pada 2012 membuktikan khasiat ekstrak rimpang jahe merah dalam menetralisir artritis reumatoid pada hewan percobaan. Itu sudah dibuktikan pula oleh Wiryanto di Magelang, Jawa Tengah. Pria 43 tahun itu mulai jarang terkena rematik pascarutin meminum ekstrak jahe merah yang dijual di pasaran. “Lebih mudah saja konsumsinya tidak perlu merebus,” katanya.

Wiryanto juga terkadang mengkombinasikan jahe merah segar bila diperoleh dengan kencur. Bahan-bahan itu, sebuah rimpang jahe merah dan 2-3 rimpang kencur diparut, lantas dibalurkan pada sendi yang terserang rematik, sehari 2 kali pada pagi dan sore hari. Keduanya memang bersifat saling menguatkan untuk meredam rasa nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

94 − = 91