Jambore Peternakan Nasional 2017 (1): Bison Raja Pedaging

Berbulu putih, kekar, serta gagah. Itulah sosok Bison milik Aep Iskandar dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Domba garut berbobot 93,3 kg itu didaulat menjadi Raja Pedaging pada kontes Domba Garut dan Kambing Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur Pada 22-24 September 2017.

Dibandingkan kampiun Raja Pedaging pada kontes Domba Garut dan Kambing pada Piala Kemerdekaan 2016 di Kebun Raya Bogor (KRB), Jawa Barat pada Agustus 2016, bobot Bison sedikit lebih ringan. Bebeja.com yang meliput langsung menyaksikan Bejo, domba garut berumur 2,5 tahun milik Mandra dari Batujajar, Jawa Barat bisa berbobot 116 kg.

Pada kontes yang diikuti 131 kontestan itu, peternak domba dan kambing Kabupaten Bandung yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) sukses menyabet gelar juara umum.

Selain Bison, juara ke-2 Raja pedaging digenggam pula oleh peternak dari Kabupaten Bandung dengan bobot domba 89,3 kg. Pun kampiun Ratu Induk serta juara ke-3 Raja Kasep. Pada Ketangkasan kelas A (di atas 70 kg), juara ke-1 sampai ke-3 bahkan menjadi milik peternak domba dan kambing Kabupaten Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65 + = 72