Jambore Peternakan Nasional 2017 (2): Sapi Belgian Blue

Sejumlah orang sigap menurunkan Gatotkaca dari bak mobil serta menuntunnya menuju kandang. Di saat sama, Presiden RI Joko Widodo tengah bertemuwicara bersama peternak Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) di panggung utama Jambore Peternakan Nasional 2017. Joko Widodo akan melihat Gatotkaca sebelum menuju barisan domba dan kambing juara.

Gatotkaca sungguh istimewa. Dialah sapi jantan belgian blue yang lahir pada 30 Januari 2017 di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor, Jawa Barat. Bobot lahirnya mencapai 62,5 kg. Bobot itu jauh lebih tinggi ketimbang bobot sapi besar lain seperti simental, sekitar 42 kg. Gatotkaca merupakan satu-satunya sapi berdarah murni belgian blue yang lahir melalui teknologi transfer embrio.

Sapi belgian blue digadang-gadang sebagai sapi unggul pedaging yang mempunyai laju pertumbuhan cepat dalam waktu relatif singkat. Pada umur 2 tahun, sapi belgian blue bisa berbobot 1,5 ton. Gatotkaca yang memilii induk sapi adajio debray dan sapi fripouillde itu, belum genap sebulan pascalahir sudah menembus bobot 74 kg. Pada Agustus 2017, bobotnya menyentuh angka 207,5 kg.

Balai Embrio Ternak bekerjasama dengan PT Lembu Biru mendatangkan sel telur dan sperma belgian blue terbaik dari negara asal sapi itu, Belgia. Ke depan pedet alias anakan sapi jantan belgian blue itu dapat menjadi induk yang mewariskan genetik sapi bobot besar. Tujuannya supaya swasembada daging sapi tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − = 82