Jambu Batu Banjir Buah

jambu-batu-getasSentot di Bogor, Jawa Barat, tak pernah menemui kendala membuahkan tabulampot jambu batu biji merah miliknya. “Pasti selalu berbuah meski kadang-kadang banyak atau sedikit jumlahnya,” katanya. Sentot mengandalkan pupuk kandang kotoran kambing sebagai sumber nutrisi tanaman.

Belakangan sejak 2015, Sentot mulai memadukan perawatan tabulampot jambu batu tersebut dengan rutin memberikan air cucian daging atau ikan yang ditambahkan minyak ikan saban pekan. “Biasanya setengah ember air cucian daging ditambahkan 5 butir minyak ikan yang dibeli di apotik,” kata pria 37 tahun itu.

Walhasil kombinasi itu memberikan hasil mengesankan. Dari pengamatan Sentot, bunga-bunga tanaman mudah terbentuk dan jumlahnya banyak. “Bunga juga tidak mudah rontok,” tutur Sentot. Sudah begitu, tanaman jambu batu pun banjir buah dengan ukuran dan bobot buah nyaris seragam.

Kantong-Tanam-Tabulampot-BannerAir cucian daging maupun minyak ikan diketahui mengandung beberapa asam amino yang diperlukan tanaman. Salah satu asam amino tersebut adalah tripthopan yang menjadi bahan dasar pembentukan zat pengatur tumbuh, terutama auksin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 2 = 12