Jamu Peningkat Daya Tahan Kambing

kambingSutrisno di Klaten, Jawa Tengah sejak 5 tahun lalu rutin memberikan ramuan khusus untuk 30 kambingnya. “Ramuan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” kata ayah 3 anak itu. Sejak rutin memberikan setiap 2-3 hari dengan mencekoknya ke mulut kambing sebanyak seperempat gelas, kambing-kambing milik Sutrisno jarang sakit dan bertubuh bongsor. Berikut resep ramuan Sutrisno.

1. Bahan ramuan terdiri dari rimpang jahe, kunyit, dan temulawak, masing-masing 1 kg, 1/2 kg kencur, dan 10 lembar daun sirih.

2. Seluruh bahan dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender hingga keluar air sarinya. Air sari diencerkan dengan 20 liter air. Tambahkan 5 tutup botol larutan mikroorganisme EM4 dan 1/2 kg gula merah yang sudah dicairkan.

3. Semua bahan diaduk homogen dan dimasukkan ke dalam  jerigen. Tutup rapat dan simpan di tempat teduh. Setiap 3-4 hari, setelah jerigen dikocok lantas buka tutup jerigen supaya gas fermentasi keluar. Setelah 21 hari fermentasi, jamu siap dipakai dengan cirinya tercium wangi mirip aroma tapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 + = 77