Jamur Shiitake Obat Para Dewa

A trip to the Iron Mine of Kiruna to hunt mushroomsDi Jepang ada hari khusus untuk berburu jamur shii alias shiitake. Lantaran istimewa jamur shiitake biasanya menjadi bingkisan atau hadiah yang diserahkan kepada orang yang dihormati atau dicintai.

Mengapa demikian? Jamur shiitake ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam menyembuhkan penyakit. Sebab khasiat jamur shitake yang besar itu, di Jepang Lentimula edodes itu disebut sebagai obatnya para dewa. Jamur shiitake pun selalu hadir di dalam masakan Jepang.

Secara umum jamur memiliki asam amino esensial, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena banyak mengandung senyawa penting bagi tubuh, Ibnu Sina, ahli kedokteran Islam yang sangat terkenal banyak menggunakan jamur sebagai salah satu bahan untuk mengobati penyakit berbahaya.

Khusus pada shiitake memiliki senyawa lentinan yang sudah diujicobakan pada 1974 dan hasilnya dipublikasi oleh Cochran dari Michigan University di Amerika Serikat sebagai obat antidiabetes dan antitumor. Daya hambat untuk menahan berbiaknya sel tumor mencapai 70%. Keunggulan lainnya adalah sebagai antivirus. Jadi bila Anda terserang flu tak kunjung sembuh, makanlah jamur shiitake.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 3