Jamur Tiram Tumbuh Lagi

jamur-tiram

Jamur tiram yang telah dipanen semestinya bisa dipanen kembali. Namun seringkali kondisi itu tidak tercapai karena berbagai sebab seperti spora tidak jatuh hingga permukaan substrat yang telah dipanen mengeras.

1. Untuk menjatuhkan spora, lakukan gerakan memutar baglog ke samping dan atas-bawah selama 5-10 detik. Ulangi hingga 3 kali. Guncangan tersebut akan menjatuhkan spora dan merangsang miselium tumbuh. Dengan teknik itu, jamur baru tumbuh lebih cepat.

2. Baglog sehabis dipanen seringkali menyisakan permukaan substrat yang mengeras berwarna kecokelatan. Kondisi itu menyulitkan pertumbuhan miselium baru. Untuk mengatasi, kikis bagian keras itu memakai pisau tajam. Sehabis pengikisan baglog tidak boleh disiram selama 3 hari untuk menghindari kontaminasi cendawan.

3. Kehadiran kutu dan ulat pada tudung bisa merugikan pertumbuhan jamur. Mengatasinya tidak sulit, ambil 3-4 siung bawang putih lalu dihaluskan dengan cara memblender dengan 3 liter air. Setelah disaring, air bawang disemprotkan tipis-tipis pada baglog. Bau dari bawang putih mujarab mengusir kutu dan ulat itu.

4 Responses to Jamur Tiram Tumbuh Lagi

  1. bermanfaat nih, terima kasih.

  2. apakah unsur nitrogen bisa juga untuk mendapatkan kwalitas tinggi?

    • Unsur nitrogen sangat penting bagi pertumbuhan jamur tiram karena berperan dalam pembentukan asam amino dan senyawa organik. Secara alami media tumbuh jamur sudah memiliki mikroba penambat nitrogen yang akan menyediakan unsur nitrogen seperti Azotobacter sp dan Rhizobium sp. Pemakaian nitrogen dari luar dalam bentuk NPK tetap diperlukan pada saat pembuatan media tanam. Secara keseluruhan keberadaan unsur nitrogen akan membuat kualitas jamur lebih baik. Salam bebeja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

92 − 90 =