Jati Cepat Bongsor

pohon-jati

Pohon jati Tectona grandis dapat tumbuh menjulang mencapai diameter pohon di atas 25 cm dalam waktu kurang dari 5 tahun. Bagaimana bisa? Padahal pada umur 5 tahun paling banter diameter jati genjah baru mencapai garis tengah 15 cm. Bahkan jati alam lebih pendek lagi sekitar 10-12 cm.

Resepnya, rutin memberikan kotoran sapi berikut urinenya setiap 2 pekan. Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak cukup seember kotoran sapi plus setengah ember urine yang dicampurkan menjadi satu dan disiram di dekat perakaran yang jaraknya sekitar 0,5-1 meter dari batang pohon.

Apa manfaat kotoran dan urine sapi? Pada dasarnya, kotoran sapi termasuk pupuk organik yang lengkap kandungannya mulai dari kalium, fosfor, dan nitrogen.

Berbagai riset memperlihatkan setiap 1 ton kotoran sapi menyimpan 22 kg nitrogen, 2,5 kg fosfor, dan 13,7 kg kalium. Jumlah itu memang lebih rendah daripada pupuk sintetis, tapi unggul karena ramah lingkungan. Kotoran sapi akan memperbaiki sifat granulasi tanah, kaya mikroba berguna serta mempunyai kandungan hara tinggi.

Kehadiran mikroba pada kotoran sapi bermanfaat saat makhluk liliput itu mensintesis bahan tertentu sehingga menghasilkan produk hormon tumbuh yang berguna bagi pertumbuhan tanaman jati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 − = 40