Jengkol Usir Tikus Rumah

jengkolKehadiran tikus di rumah sangat menyebalkan. Selain membuat bau, kehadiran tikus berpeluang menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah penyakit leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp itu hadir dengan tikus sebagai hewan perantara melalui air kencingnya. Penyakit tersebut menimbulkan demam tinggi, diare, sampai nyeri otot.

Banyak cara untuk mengusir tikus. Salah satunya memanfaatkan jengkol. Caranya siapkan sekitar 0,5 kg jengkol yang telah dibersihkan dari kulit ari atau kulit pembungkusnya dan 5 liter air. Rendam jengkol di dalam air tersebut selama 2 hari.

Semprotkan air jengkol tersebut tipis-tipis di lubang tempat tikus keluar-masuk atau daerah lintasan tikus. Ulangi setiap 2 pekan selama 2 bulan terturut-turut. Sebagai gambaran sejatinya bau pada jengkol terjadi karena kehadiran beragam asam amino di dalamnya. Asam-asam amino tersebut dominan mengandung unsur sulfur atau belerang yang apabila terurai menimbulkan bau mirip kentut. Bau itulah yang tidak disukai oleh tikus di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 78