Jeruk Madu Susu Dari Kabupaten Sambas

Sosoknya sepintas mirip jeruk dekopon yang populer saat ini. Hanya saja warna kulit buah dominan hijau dan ukurannya sedikit lebih kecil. Dialah jeruk madu susu dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Saat ini jeruk madu susu tersebut tengah dibudidaya intensif di sejumlah lokasi di Kabupaten Sambas.

Sejatinya jeruk madu susu merupakan pengembangan dari jeruk keprok madu terigas yang memang menjadi salah satu jenis jeruk, selain jeruk siem yang ditanam di berbagai kecamatan di kabupaten yang mencakup 4,36% luas Kalimantan Barat itu seperti di Kecamatan Semparok Tebas, Selakau, Pemangkat, serta Sebawi

Jeruk madu terigas memiliki daging buah kuning, sedangkan jeruk madu susu berdaging buah putih. Soal citarasa? Jeruk madu susu tak kalah nikmat. Sebutan madu yang melekat sudah menggambarkan keistimewaan dari jeruk yang akan menjadi alternatif produksi bagi pekebun di kabupaten yang berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No 45/kpts/PD.200/1/2015 ditetapkan sebagai kawasan tanaman jeruk nasional itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − = 50