Jus Alpukat Jaga Tekanan Darah

jus-alpukat1Kabar baik bagi penderita hipertensi yang ingin menjaga tekanan darahnya normal: konsumsi jus alpukat!

Riset eksperimental oleh Fransiskus Balpon dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha di Bandung, Jawa Barat pada 2010 memperlihatkan wanita dewasa penderita hipertensi menurun tekanan darahnya secara signifikan pascakonsumsi jus alpukat.

Riset itu mengukur data tekanan darah sistol dan diastol penderita sebelum dan sesudah minum jus alpukat. Hasilnya tekanan darah sesudah minum jus alpukat menjadi 93,67/63,73 mmHg dari semula 103/71,83 mmHg.

banner-daun-alpukatBuah alpukat mengandung kalium dan flavonoid yang memang memegaruhi tekanan darah. Kalium menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan ekskresi natrium, menekan sekresi renin, menyebabkan dilatasi arteriol, dan mengurangi respon terhadap vasokonstriktor endogen.

Flavonoid? flavonoid pada Persea americana itu bekerja sebagai Angiotensin Converting Enzym (ACE) inhibitor dengan menghambat pembentukan angiotensin II dari angiotensin I. Dengan berkurangnya jumlah angiotensin II, efek vasokonstriksi dan sekresi aldosteron semakin berkurang untuk reabsorpsi natrium dan air sehingga tekanan darah menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =