Jus Ubi Jalar Ungu: Kulit Segar, Mulus, & Kencang

ubi-jalar-unguPenuaan dini selama ini selalu terkaitkan dengan kondisi kulit seperti kulit wajah keriput, mengendur, pori-pori membesar, dan muncul bercak-bercak hitam. Penuaan dini terutama bagi kaum hawa merupakan masalah.

“Bagi saya cantik itu tetap perlu meski bukan sesuatu yang mutlak,” ujar Almira (33 tahun). Ibu 1 anak itu sejak 6 tahun menggunakan produk kecantikan antiaging alias pencegah penuaan dini.

Sejatinya proses penuaan dapat berlangsung lebih cepat akibat polusi udara, aktivitas fisik berat, dan paparan sinar matahari. Ketiga faktor itu memicu timbulnya stres oksidatif, biang kerok penuaan dini. ketiga faktor itu pula yang membuat radikal bebas di tubuh meningkat. Radikal bebas itu menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Penangkal radikal bebas adalah antioksidan.

Secara alami ubijalar ungu berlimpah antosianin, sumber antioksidan. Khasiat ubijalar ungu sebagai antipenuaan hingga membuat kulit segar dan mulus sudah terbukti. Itulah yang dibuktikan oleh Dr dr I Made Jawi Mkes, pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Ia bersama Prof Dr Dewa Suprapta MSc pada 2008 saat meneliti khasiat antioksidan ubijalar ungu untuk mencegah stres oksidatif.

ubi-jalar-ungu2

Dari penelitian memakai mencit itu terlihat terjadi kenaikan kadar malondialdehid (MDA)—indikator radikal bebas—pada darah, hati, jantung, dan usus pada mencit uji. Namun, kelompok mencit yang mendapat asupan ekstrak ubijalar ungu justru mengalami penurunan MDA dibandingkan kelompok kontrol. Bahkan kemampuan ekstrak jus ubijalar ungu dalam menurunkan MDA dinilai lebih baik dari vitamin E.

Menurut Dr dr Anak Agung Gde Putra Wiraguna SpKK proses penuaan terjadi sejak usia 20 tahun. Polusi udara menjadi faktor penting yang memicu penuaan. Wiraguna menyarankan konsumsi ubijalar ungu sedini mungkin sebelum muncul masalah di kulit. “Jus ubijalar ungu hanya mencegah penambahan keriput,” ujar ayah 2 anak itu.

jus ubi unguDokter spesialis kulit dan kelamin itu bahkan menyarankan 80% pasiennya yang didominasi kaum hawa untuk rutin mengonsumsi jus ubijalar ungu dan seluruhnya memberik respon positif setelah 1-2 bulan konsumsi. Bahkan pasien di atas umur 40 tahun merasakan hasil lebih memuaskan, kulit terasa kencang. “Konsepnya cantik di usianya, bukan kembali muda,” ujar doktor pertama antiaging di Indonesia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − = 17