Kacang Hijau Redam Tukak Lambung

kacang-hijau-untuk-tukak-lambungAgus Firmansyah yang menderita penyakit tukak lambung sejak 2010 memang jeri saat penyakit itu kambuh. Harap mafhum, pria 36 tahun di Serang, Provinsi Banten itu tak kuasa menahan rasa sakit dan perih di perut atas dekat ulu hati. “Bisa sampai menangis,” ujarnya. Tukak lambung alias ulcus pepticum yang Agus derita cukup parah karena dari pemeriksaan dokter sudah menyebabkan borok di mukosa lambung.

Sejatinya tukak lambung itu terpicu oleh kelebihan asam lambung karena berbagai faktor, seperti gaya hidup serta konsumsi obat kimia. Mukosa lambung sebetulnya mampu mereduksi kelebihan asam lambung itu, hingga pada kondisi tertentu ia tak mampu meredam melambungnya asam lambung. Efeknya timbul rasa sakit disertai peradangan selaput lendir lambung serta luka mukosa lambung.

Agus menuturkan penyakit tukak lambung itu berangsur-angsur sirna pada 2012 setelah ayah 2 putri tersebut menjalani kebiasaan baru: menyantap rebusan kacang hijau sehari sekali. Caranya, Agus merebus seperempat gelas kacang hijau dengan 1,5 gelas air hingga tersisa setengah gelas. “Kacang hijau dan airnya bisa dikonsumsi sekalian setelah agak hangat,” ujarnya. Perubahan terjadi setelah 1,5 pekan rutin mengonsumsi. “Tukak lambung sudah jarang kambuh dan perut terasa enak,” katanya.

Resep itu Agus peroleh dari mertua adik kandung dan memang terbukti mujarab. Riset Aizawanda Risqi dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret pada 2010 juga memperlihatkan khasiat kacang hijau untuk memperbaiki struktur mukosa lambung pada hewan percobaan yang diinduksi obat aspirin, penhilang rasa sakit yang menyebabkan kerusakan pada mukosa lambung.

Penelitian di mancanegara juga membuktikan kandungan alpha linoleic acid pada kacang hijau berfungsi sebagai antiinflamasi alias pembengkakan serta vasodilator. Efek vasolidator pada lambung akan memperlancar peredaran darah sehingga memperbaiki sel-sel epitel lambung. Demikian pula kandungan asam askorbat pada kacang hijau yang berfaedah sebagai antigastritik.

Kacang hijau juga bersifat antiulserasi sehingga mampu menghambat dan memperbaiki kondisi luka seperti borok lambung yang dialami Agus. Itu tak lepas dari kehadiran pektin yang memiliki fungsi ganda, yakni memperkokoh ketahanan mukosa dan mempercepat penyembuhan luka di lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 86 = 94