Kambing Peranakan Etawa (PE) Produksi Susu Tinggi

kambing-etawaSusu kambing mempunyai manfaat lebih dibandingkan susu sapi dalam mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu kambing yang menghasilkan susu adalah kambing peranakan etawa atau kambing PE.

Produksi susu kambing PE bisa mencapai 0,49-0,70 liter/hari dengan produksi tertinggi sekitar 0,87 liter/hari. Volume itu lebih tinggi dibandingkan produksi susu kambing kacang, sekitar 0,38-0,40 liter/hari dengan masa laktasi selama 12 minggu atau 84 hari. Sedangkan masa laktasi kambing PE mencapai 168 hari, dua kali lipat lebih lama.

Kambing PE dalam masa laktasi perlu mendapat perhatian khusus agar produksi susu melimpah. Berilah kambing PE pakan hijauan sebanyak 40% dan 25% konsentrat, 17% ampas tahu, dan 18% singkong. Komposisi pakan tersebut bisa diubah dengan memberikan dosis pakan hijauan dan konsentrat sama besar bila di lokasi sulit diperoleh pakan hijauan.

2 Responses to Kambing Peranakan Etawa (PE) Produksi Susu Tinggi

  1. avatar sumiati zulkanedy

    kalo boleh kasih tau, yg jual susu kambing etawa di jakarta di mana y,, trimakasih

    • Agen dan penyedia susu kambing ettawa di Jakarta cukup banyak mulai segar hingga diolah menjadi bubuk. Produk susu kambing ettawa tersedia juga di beberapa supermarket dan apotik. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − 72 =