Kambing Peranakan Etawa Senduro Dari Kabupaten Lumajang

kambing-senduroKambing Peranakan Etawa (PE) dari Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah dan Kabupaten Kulonprogo DI Yogyakarta sudah lama populer sebagai kambing perah unggulan nasional. Sejatinya kambing PE yang berkembang itu merupakan hasil persilangan kambing Etawah asal India dan kambing lokal jenis kacang pada 1830-an.

Sejalan waktu penyebaran kambing PE memang meluas, bahkan terbentuk sentra baru di luar sentra di atas yakni di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Salah satu daerah produksi kambing PE di kabupaten seluas 179 kilometer persegi adalah Kecamatan Pasrujambe.

Namun bukan di Kecamatan Pasrujambe ternyata sumber terbaik kambing PE yang bibitnya banyak diburu peternak lokal bahkan Malaysia. Sumber bibit terbaik itu terdapat di Kecamatan Senduro, sebelah utara Kecamatan Pasrujambe.

Sejatinya kambing PE di Kecamatan Senduro sama persis secara genetik dengan kambing PE di Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Kaligesing, dan Kabupaten Kulonprogo. Namun karena terjadi proses seleksi secara terus menerus oleh peternak setempat untuk memperoleh kambing PE unggul itu yang membuat pamor kambing PE asal Kecamatan Senduro menjadi kondang.

kambing-peKambing PE Senduro memiliki keistimewaan antara lain bentuk ambing bak kendi air yang menggembung di bagian tengah sehingga produksi susu dapat lebih banyak, rata-rata 1,5-2,8 liter per hari. Bentuk ambing itu mirip ambing susu perah sehingga memudahkan peternak saat memerah susu.

Keunggulan lainnya adalah ambing yang diperah berkali-kali tidak akan melorot hingga menyentuh lantai kandang. Hal itu penting karena sering terjadi ambing PE jatuh hingga menyentuh lantai. “Hal itu bisa menyebabkan puting terinfeksi kuman,” ucap Khoidir, peternak di Kecamatan Senduro.

Kambing PE Senduro yang populer sebagai kambing Etsen (Etawa Senduro) itu seperti dikutip Antaranews.com (13/5/14) kini tengah didorong pengembangannya oleh Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang. Salah satu upaya untuk meningkatkan populasi kambing yang bobot dewasa dapat mencapai 170 kg itu adalah melarang melakukan ekspor bibit serta melakukan pengontrolan di 8 titik check point ternak yang akan keluar dari Jawa Timur.

4 Responses to Kambing Peranakan Etawa Senduro Dari Kabupaten Lumajang

  1. gimana caranya mendapatkan bibitnya. marno kal-tim.

  2. Alamat dan nomor hpnya.

    • Anda dapat menghubungi penyedia kambing peranakan ettawa senduro di nomor 081234756111 dan 081332019000. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

48 − = 43