Kaos Sepakbola Dari Limbah Plastik

Kaos sepakbola milik kesebelasan Jamaika dan Brasil itu sepintas sama seperti kaos olahraga berkualitas umumnya. Saat dipegang terasa lembut.

Yang istimewa, bahan kaos tersebut berasal dari limbah plastik botol minuman yang dikonsumsi. Eco Fashion, itulah pemandangan sejumlah kaos olahraga yang dipajang di Paviliun Ramah Lingkungan pada Taiwan Expo 2017 di Jakarta Convention Center pada 12-14 Mei 2017.

Adalah Far Eastern New Century (FENC), sebuah perusahaan di Taiwan yang mampu mendaur ulang botol plastik PET (polyethylene terephthalate) itu. Perusahaan tersebut terus mengembangkan teknologi mutakhir yang mampu memaksimalkan sejumlah limbah seperti botol plastik, sepatu, serta tekstil untuk menjadi bahan bernilai. Perusahaan itu sohor sebagai ahli integrasi sejumlah serat seperti serat natural, wol, polyester, viscose, nilon, dan lainnya.

Khusus plastik PET yang didaur ulang menjadi kaos, bahkan baju, prosesnya singkatnya dilakukan dengan mencacah (flake) limbah botol tersebut, lantas melakukan proses repolimerasi (re-polymrization) dengan hasil berupa chip (recycled chip). Selanjutnya, bahan diubah menjadi pintalan benang (yarn) dan siap dirajut di pabrik garmen untuk menjadi bahan aneka kaos, baju, celana bahkan jaket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 12 =