Kejantanan Dan Bawang Lanang

Bawang lanang merupakan umbi bawang putih yang berukuran lebih kecil dan diyakini lebih berkhasiat ketimbang bawang putih sesungguhnya. Bawang lanang muncul sebagai bentuk kelainan pertumbuhan bawang putih akibat lingkungan yang abnormal.

Secara umum khasiat bawang lanang diperoleh dengan cara memakannya langsung atau membuat air rebusannya. Beragam riset membuktikan bawang lanang mampu membantu menyembuhkan penyakit hipertensi, diabetes, kanker, jantung dan inflamasi (pembengkakan).

Lalu apa hubungan bawang lanang dan kejantanan? Riset Kasugawa dan kawan pada 2001 memperlihatkan pemberian jus bawang lanang memperbaiki fungsi testis yang mengalami testicular hipogonadisme. Harap mafhum kemampuan reproduksi jantan sangat ditentukan seberapa besar kualitas dan kuantitas semen atau sperma yang dihasilkan oleh testis.

Berikutnya, bawang lanang seperti bawang putih mengandung senyawa allicin yang merangsang hormon gonadotropin (termasuk hormon testoteron) bekerja maksimal. Singkat kata, melalui bawang lanang, sel leydig dan sel sertoli mampu memproduksi hormon testoteron yang mempengaruhi spermatogenesis.

Hormon testoteron yang 95% diproduksi oleh testis berguna untuk membuat matang sperma sehingga siap membuahi sel telur. Hebatnya lagi peningkatan jumlah hormon testoteron itu berbanding lurus dengan peningkatan produksi spermatozoa. Jadi? Konsumsilah bawang lanang bila kejantanan Anda ingin manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 50 = 55