Kementerian Pertanian Gelar Penas XIV KTNA 2014

penas

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian menggelar Pekan Nasional (PENAS) Petani-Nelayan XIV 2014 di Kabupaten Malang Jawa Timur pada 7-12 Juni 2014.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Suswono saat jumpa pers terkait jelang Penas XIV Tahun 2014 di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Suswono menyatakan melalui Penas semangat dan tanggungjawab serta kemandirian petani-nelayan untuk berkontribusi aktif dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan terus terpelihara. “Petani dan nelayan berkesempatan saling mengisi, berinteraksi, dan bersinergi dalam memanfaatkan sumberdaya alam pertanian dan peningkatan pendapatan sehingga kesejahteraannya meningkat,” ujarnya.

Penas XIV KTNA 2014 akan dihadiri sekitar 35.000 peserta dari berbagai kalangan, seperti petani-nelayan yang bergabung dalam organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Dewan Tani Indonesia (DTI), serta aparatur pendamping serta peninjau.

Lebih jauh Suswono mengungkapkan, selama Penas XIV yang akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut menggelar 32 kegiatan dalam 7 kelompok bidang kegiatan seperti Bidang Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Bidang Pengembangan Wirausaha Petani Nelayan dan Kesadaran Lingkungan, serta Bidang Sinkronisasi Program Pembangunan Pertanian Pusat dan Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

95 − = 88