Kencur Obat Pelepas Lelah

kencurRutinitas Sumarwoto di Cinere, Jakarta Selatan mengonsumsi kencur saban 3 hari sekali sudah berlangsung lebih dari 6 tahun. Sang istri, Yanti Iswari akan memarutkan 2-3 rimpang kencur lantas merebus dalam 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sebelum diminum, sang istri akan menambahkan satu sendok madu. “Ini berkhasiat untuk melepas lelah, bahkan penat,” ujar pria 43 tahun itu.

Khasiat kencur Kaemferia galanga untuk “membuang” lelah tersebut tidak lepas dari sifat analgesik alias pereda nyeri serta tonik alias penambah tenaga. Anggota keluarga Zingiberaceae dengan kandungan 23 macam minyak asiri dan 7 di antaranya mengandung senyawa aromatik itu, memang mempunyai senyawa seskuiterpena yang mujarab melepas lelah sekaligus menyingkirkan penat.

Kemampuan analgesik kencur dalam meredakan nyeri sudah dibuktikan Siti Komariah di Tanjungkarang, Lampung, setiap kali sakit gigi menderanya. “Gusi saya seringkali bengkak dan sakit berhari-hari. Cukup minum kencur 2 kali sehari selama 2-3 hari, nyerinya bisa berkurang,” kata guru sekolah menengah pertama itu.

Sejatinya nenek moyang kita mafhum manfaat kencur, bahkan menjadikan sebagai minuman kesehatan. Rimpang kencur digerus bersama beras hingga halus lantas dibubuhi sedikit gula sebelum direbus dengan air. Ramuan beras kencur itu terbukti berkhasiat meredam nyeri, mendongkrak vitalitas serta nafsu makan, hingga melancarkan peredaran darah. Pantas bila jamu beras kencur disukai kalangan pekerja fisik dan olahragawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

67 − 62 =