Ketumbar Pelancar Menstruasi

ketumbar2Yayuk di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, memiliki resep manjur untuk menjaga agar menstruasinya teratur sekaligus mengurangi rasa sakit berlebihan yang membuat perempuan 25 tahun itu cenderung emosional.

Resep itu diperoleh Yayuk dari karibnya di Surabaya yang mendapatkannya dari seorang pengobat Tiongkok. Seminggu 2 kali, guru sekolah dasar itu akan meminum segelas air hangat yang di dalamnya berisi serbuk ketumbar dari biji ketumbar yang dihaluskan.

Dosisnya satu sendok makan biji yang kemudian dihaluskan memakai ulekan alias cobek. Serbuk itu lantas dimasukkan ke dalam gelas yang sebelumnya dituangkan air panas. Setelah hangat dan serbuk itu mengendap, Yayuk menyeruput minuman itu. “Saat menstruasi datang dan selama menstruasi, saya meminum setiap hari pada pagi hari,” katanya.

Ketumbar Coriandrum sativum memang populer sebagai bumbu dapur ketimbang obat. Padahal tanaman kerabat wortel itu mampu merangsang sekaligus menjaga sekresi hormon estrogen dari kelenjar endokrin. Itu sebabnya ia dapat membuat datang bulan lancar dan teratur sekaligus mengurangi efek yang mungkin timbul pada saat haid itu datang seperti rasa sakit berlebihan.

ketumbar1Khasiat ketumbar dengan beragam senyawa aktif seperti sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, dan trantridecen itu, tidak hanya urusan menstruasi saja. Tanaman anggota famili Apiaceae yang batangnya jika dimemarkan mengeluarkan aroma wangi tersebut juga ampuh mengurangi tumpukan alias deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan vena. Itu berkat kehadiran aneka asam pada biji ketumbar seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 5 =