Khasiat Daun Alpukat Lawan Batu Ginjal (2)

daun-alpukat

Subagyo tak pernah menduga kebiasaan menahan kencing sejak muda berakibat fatal 20 tahun kemudian. Tak dinyana suatu ketika Maret 2010 Subagyo diserang sakit di pinggang.

Semula sakit itu dianggap angin lalu lantaran sesekali saja muncul. Namun setelah berjalan 3 bulan, frekuensi timbulnya sakit pinggang itu kian sering. Pengusaha sembako di Jakarta Barat itu sampai sulit beraktivitas lantaran dalam sehari sakitnya bisa datang 3-4 kali.

Subagyo juga mengeluhkan kesulitan buang air kecil. Kondisi itu mendorongnya memeriksakan diri kepada dokter di rumahsakit. Setelah berkonsultasi dan menjalani pemeriksaan ultrasonografi, terungkap di ginjal kiri ayah 3 anak itu terdapat batu ginjal yang sudah berukuran biji kedelai. Solusinya hanya satu: Subagyo mesti menjalani operasi.

Namun Subagyo memilih cara lain untuk meluruhkan batu ginjal itu. Ia meminum kapsul daun alpukat sebanyak masing-masing 3 kapsul di pagi dan sore. Pemakaian kapsul daun alpukat itu atas saran istrinya yang memperoleh informasi tentang khasiat daun alpukat dari salah satu rekan arisannya.

Sebulan rutin mengonsumsi, Subagyo mulai merasakan perubahan. Menurut Subagyo setiap kencing ia agak kesakitan dan melihat terdapat serbuk halus di air kencing itu. Subagyo belum menyadari bila itu adalah batu ginjal yang luruh. Efek lain yang dirasakan adalah sakit pinggangnya mulai berkurang. Sekitar sepekan kemudian, Subagyo benar-benar merasakan tubuhnya lebih sehat. Supaya memastikan bila itu karena rutinitas mengonsumsi kapsul daun alpukat, ia memeriksakan diri ke rumahsakit. Hasilnya? Batu di ginjal kirinya lenyap.

Bukti empiris itu sejalan dengan hasil penelitian Anggara Hernas Saputra pada 2009. Periset dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor itu membuktikan daun alpukat memiliki sifat antilithiasis atau menghambat pembentukan batu ginjal yang merupakan kristal kalsium oksalat.

Dalam riset itu tikus yang mendapat 3 ml per 200 gram bobot badan (BB) ekstrak etanol daun alpukat yang diasupkan melalui air minum memiliki kadar kalsium sebesar 0,060. Nilai itu lebih rendah 0,079 daripada tikus tanpa perlakuan dengan kadar kalsium 0,139.

Sejatinya, batu ginjal yang menyumbat itu bila dibiarkan dapat merusak kerja ginjal atau gagal ginjal. Padahal ginjal sepanjang 12,5 cm dengan tebal 2,5 cm itu memiliki 1-4-juta nefron yang berperan menyaring 170 liter darah dalam 24 jam. Ginjal juga penting menyaring limbah metabolik, kelebihan garam dan air dari darah, serta mengatur tekanan darah di tubuh.

Kehadiran daun alpukat berkhasiat meluruhkan batu ginjal seperti keji beling, meniran, dan kumis kucing yang lebih dahulu populer dapat menambah khazanah herbal di tanahair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + = 29