Khasiat Daun Belimbing Wuluh Antihipertensi

nca 03 2009 (2) belimbing wuluhKepala Raharjo tiba-tiba terasa pusing. “Rasanya berputar-putar seperti mau jatuh,” kata pria yang tinggal di Cempakaputih, Jakarta itu. Tengkuknya pun terasa pegal.

Khawatir berdampak buruk Raharjo lalu memeriksakan diri ke dokter. Ternyata gejala pusing dan pegal di bagian tengkuk itu akibat tekanan darah yang melambung. Saat diperiksa tekanan darah Raharjo mencapai  200/130 mmHg.

Rasa pusing dan sakit kepala, terutama di bagian belakang kepala, merupakan gejala penyakit darah tinggi atau hipertensi. Di kalangan medik apabila tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg, maka pasien dikatakan hipertensi atau darah tinggi.

Pemicu hipertensi adalah pola hidup kurang sehat seperti stres, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan mengandung garam tinggi. Nah, dokter biasanya memberikan obat yang bersifat mengurangi volume darah, melebarkan saluran pembuluh darah, dan penghilang stres seperti obat captopril.

Kesembuhan Raharjo datang setelah sepekan mengonsumsi air rebusan daun belimbing wuluh. Tekanan darahnya kembali normal yakni 110/80 mmHg. Ia merebus 7 lembar daun belimbing yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda dan terletak di bagian tengah tangkai daun dalam 5 gelas air dan tersisa 2 gelas. Pria 48 itu meminum air rebusan itu 2 kali sehari.

Daun belimbing wuluh memiliki senyawa-senyawa seperti asam dikarboksilat yang diduga memiliki kemampuan mengurangi volume darah dengan cara meningkatkan aktivitas berkemih atau berefek diuretik atau peluruh kencing. Menurut peneliti dari Divisi Farmakologi Klinis, Departemen Kedokteran dan Ilmu Biofarmaseutikal, Universitas Kalifornia, Amerika Serikat, Neal L. Benowitz MD, obat yang bersifat diuretik amat penting untuk mengatasi hipertensi.

6 Responses to Khasiat Daun Belimbing Wuluh Antihipertensi

  1. Yang sakit di kepala dan kencang di tengkuk rasa sakit tidak hanya hipertensi, tetapi hipotensi gejalanya sama. Saya mengalami sendiri sampai 6 kali.

  2. Apakah 7 lembar itu lembaran daun atau tangkai? Karena daun belimbing bertangkai-tangkai.Berarti cuma sedikit ya kalau 7 lembar.

    • Betul yang dipakai setiap kali perebusan hanya 7 lembar daun. Satu tangkai bisa terdapat lebih dari 30 daun. Salam bebeja

  3. Diminum sesudah atau sebelum makan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 5 = 11