Manfaat Minyak Hati Ikan Hiu

minyak hati ikan hiu

Minyak hati ikan hiu telah digunakan sebagai suplemen bersama pengobatan kanker modern di negara-negara utara Eropa dan Amerika Serikat. Sejauh ini bukti ilmiah bahwa suplemen minyak hati ikan hiu efektif melawan kanker pada manusia belum ada.

Berbagai riset di mancanegara fokus untuk mengungkapkan peran penting senyawa dalam minyak hati ikan hiu seperti alkylglycerols, squalamine, dan squalene. Penelitian di laboratorium kanker sebuah institusi kedokteran di Amerika Serikat menggunakan senyawa-senyawa tersebut memperlihatkan kemungkinan senyawa tersebut memiliki efek antitumor pada hewan percobaan.

Minyak hati ikan hiu memang dipromosikan sebagai alternatif pengobatan untuk kanker dan penyakit lain yang berkaitan dengan daya tahanatau kekebalan tubuh, melawan infeksi, asma, psoriasis, serta arthritis. Senyawa alkylglycerols yang diduga memiliki sifat antikanker ditemukan dalam sumsum tulang manusia serta air susu ibu (ASI).

Senyawa tersebut bekerja dengan cara merangsang sel-sel sistem kekebalan atau sel makrofag. Beberapa riset juga memperlihatkan peran penting alkylglycerols dalam mengurangi efek samping dari kemoterapi dan radiasi karena memiliki kemampuan melindungi membran sel.

Senyawa squalamine dan squalene dalam minyak hati ikan hiu dapat memperlambat pertumbuhan pembuluh darah tumor serta tengah dipelajari kemampuannya dalam melawan degenerasi makula, yakni kondisi mata yang buruk sehingga berakibat kehilangan penglihatan. Berkaitan dengan hal tersebut diduga karena minyak hati ikan hiu banyak mengandung omega-3 dan vitamin A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + = 11