Khasiat Teh Hijau

khasiat-teh-hijauTeh hijau sejak lama diketahui berkhasiat. Teh hijau mengandung lebih dari 36 persen polifenol, sekalipun jumlah ini masih dipengaruhi cuaca, varietas, jenis tanah dan tingkat kemasakkan.

Kunci utama dari khasiat teh hijau terletak pada komponen bioaktif, yaitu polifenol, yang secara optimal terkandung dalam daun teh yang muda dan utuh. Paling tidak sekitar 14 glikosida mirisetin, kuersetin dan kaempferol dalam teh segar, teh hijau dan teh hitam telah diketahui keampuhannya menghalau kanker dan kolesterol.

Sifat fungsional dari teh hijau diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam. Hal tersebut diperlihatkan dari jumlah polifenol teh hijau yang berperan untuk mencegah terjadinya kanker dibandingkan polifenol teh hitam. Senyawa polifenol dapat berperan sebagai penangkap radikal bebas hidroksil (OH) sehingga tidak mengoksidasi lemak, protein dan DNA dalam sel.

Radikal bebas yang berasal dari berbagai makanan berpengawet dan polusi udara sehingga menimbulkan dampak seperti terjadinya penuaan dini, keriput dan noda hitam pada kulit. Kemampuan polifenol menangkap radikal bebas, 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E.

Hal yang sama juga terjadi pada LDL, kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Katekin dan theflavin membantu menyingkirkan radikal bebas sehingga tak memiliki kesempatan mengoksidasi LDL yang dapat membentuk plak pada dinding arteri, yang menjadi penyebab aterosklerosis. Dengan demikian, antioksidan pada teh dapat memperlancar arteri mengirim darah yang penuh gizi ke jantung dan ke seluruh tubuh.

Selain itu, kandungan epigalokatekin dan epigalokatekin galat pada teh hijau dapat menghambat aktivitas enzim yang mengatur tekanan darah dan dapat membantu mengurangi penyerapan vitamin B1 yang mengakibatkan berkurangnya aktivitas metabolisme gula sehingga berat badan menurun. Dengan mengonsumsi teh secara teratur sebanyak 2-4 gelas setiap hari, dapat menstimulasi terjadinya penurunan tekanan darah dan membantu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

89 − 87 =