Khasiat Tersembunyi Daun Kari

bumi-herbal-dago5Daun-daun tanaman setinggi 2 meter itu hijau lebat. Si empunya menanam tanaman itu di batas pagar yang seberangnya adalah kebun-kebun sayuran di wilayah Kampung Negla, Dago Pakar, Jawa Barat. Daun tanaman yang dimaksud adalah daun salam koja alias daun kari Murraya koenigii.

Sejatinya daun-daun tanaman itu bukan sembarang daun. Di India, daun-daun tanaman itu bahkan masuk dalam Kitab Pengobatan Ayurveda karena khasiatnya bagi kesehatan yang melimpah. Sebab itu daun-daun itu menjadi salah satu rempah-rempah yang wajib ada dalam berbagai masakan di India karena memberi citarasa lezat sekaligus menyehatkan.

Di tanahair? Hanya masyarakat di Nanggroe Aceh Darrusalam (NAD) dan Sumatera Utara yang akrab memakai anggota keluarga Rutaceae itu sebagai rempah penyedap masakan.

Pengalaman empiris yang dibuktikan melalui riset menggambarkan kemampuan senyawa aktif daun-daun tanaman itu seperti kelompok karetonoid dan alkaloid yang bersifat antidiabetes, antikanker, hingga antiinflamasi. Ia juga memiliki aktivitas hipoglikemik dengan kadar tinggi vitamin A, C, dan kalsium untuk kebugaran tubuh.

Riset Vandana Jain, Munira Momin, dan Kirti Laddha dari University Institute of Chemical Technology, Pharmaceutical division di Mumbai, India seperti tertuang dalam International Journal of Ayurvedic And Herbal Medicine pada 2012 mengungkapkan daun kari patta-sebutan daun kari di India-terbukti secara ilmiah mampu menjadi pelindung jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

33 − = 24