Kisah Hoki Rumpun Keladi

caladiumSeorang rekan, ahli feng shui di Singapura pernah berujar untuk menanam keladi alias caladium supaya kita mampu menyerap energi lebih kuat untuk melakukan suatu usaha bisnis. Taruhlah ia di depan rumah supaya energi kuat bisnis itu bisa tertangkap.

Benarkah? Sejak lama keladi sudah diyakini sumber hoki alias keberuntungan. Aura keberuntungan itu tidak hanya keluar dari komposisi daun, tapi juga dari bentuk dan warna daun. Daun keladi hati, lancip, dan bulat, sama-sama memberikan pengaruh pada kesegaran dan kekuatan diri. Bahkan semakin tebal daun, semakin sip menyerap chi atau energi positif.

Warna keladi seperti hijau, merah, putih, jingga, dan kombinasi lainnya memiliki makna. Hijau artinya berpengetahuan. Merah melambangkan semangat. Kombinasi warna seperti hijau dan merah menunjukkan pengaruh istimewa: hidup lebih seimbang. Bila ingin rumah tangga harmonis? Pilihlah keladi putih keperakan.  Nah keladi juga menjadi simbol cinta ibu kepada anak di India.

Di pedalaman Kalimantan Selatan, keladi yang merupakan keluarga talas-talasan memiliki pertanda penting bagi suku Dayak Pagan. Serumpun keladi yang digantung di atas pintu rumah menjadi tanda rumah itu bebas utang. Seperti angka 8 menurut feng shui, bebas utang tentu dapat membuat usaha dan bisnis kian lancar.

Sejatinya keladi merupakan makanan leluhur manusia yang paling tua. Jauh sebelum manusia mengenal biji-bijian. Bila biji gandum dan padi dimanfaatkan manusia sejak 7.000 tahun lampau, caladium sudah disantap sejak 15.000 tahun silam. Sebelum makan biji, manusia makan umbi-umbian, termasuk biji keladi.

caladium1Begitu besar arti keladi alias caladium, di Florida, Amerika Serikat, di Lake Placid telah menjadi surga caladium. Di sana sekitar 40 jenis caladium sehat selalu memamerkan warna-warni daun nan indah. Hamparan Caladium itu luasnya bisa mencapai 1.000 ha itu.

Di sana setiap tahun diadakan festival caladium. Tak hanya kontes, panitia festival yang berlangsung sejak 1990 itu memanjakan pengunjung dengan membuat anjungan caladium, caladium co-op. Di tempat seluas 1 ha itu pengunjung dapat membeli tanaman dan segala bentuk kerajinan dari caladium.

Andai Pemerintah Tiongkok pernah mempelajari catatan riset Dr Madaus, boleh jadi penduduk Tiongkok sekarang tak lebih dari 1-miliar orang. Dokter Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II itu mendapati Caladium seguinum yang dijus dan diminum penuh selama seminggu dapat menipiskan libido kaum adam. Ujung-ujungnya menjadi mandul.

Madaus, atas permintaan pimpinan Nazi, Adolf Hitler, ditugaskan membuat obat yang mampu menyetop populasi kaum Yahudi. Tak hanya eksperimen secara oral, dokter di Kamp Auschwitz, Austria, itu juga menyuntikkan ekstrak keladi ke dalam pembuluh darah sekelompok tawanan. Hasilnya? Terjadi antifertilitas pada organ reproduksi. Penelitian lain sesudahnya, seperti dilakukan Purdue University’s School of Veterinary Medicine di Amerika Serikat, mendapat hasil serupa saat mengujicobakan kepada anjing dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 69 = 78