Kolam Koi Istimewa Di Bandara Changi

kolam-koi1Bandara Changi di Singapura selalu membuat penumpang pesawat betah berlama-lama di sana. Salah satu area menarik untuk disinggahi adalah jalan dari terminal kedatangan menuju area imigrasi. Sebelum turun melalui tangga berjalan, tampak kolam koi berkapasitas 1.000 liter air di antara taman anggrek.

Kolam berair jernih dengan dinding batu alam tersebut disesaki 10 koi jumbo rata-rata di atas ukuran 45 cm seperti kohaku, sanke, dan showa. Itu disaksikan kontributor bebeja.com, Syaiful Affandi, saat singgah di bandara terbaik di dunia itu.

kolam-koi2Kolam yang sejatinya berbentuk lingkaran itu berkedalaman 90 cm. Seluruh tepi kolam diselimuti aneka tanaman anggrek phalaenopsis dan dendrobium. Satu-satunya akses jalan menuju kolam koi adalah dari pintu taman anggrek. Pengelola memang menutupi seluruh sisi kolam untuk mencegah pengunjung, terutama balita tercebur ke dalam kolam.

Kolam koiyang dipercantik dengan aneka bebatuan warna putih di dasar kolam itu dilengkapi 2 pancuran dari selang yang menjorok ke kolam untuk mendongkrak oksigen terlarut di kolam. Agar kolam bak habitat aslinya, 2 buah batu besar kehitaman sengaja ditaruh di salah satu sisi kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 7