Koleksi Mangga Agrimania Nunuk

mangga-agrimania1Sosok buahnya mirip mangga apel, tapi berukuran jumbo. Mangga tersebut yang disodorkan Suwarno, penangkar buah di Cimanggis, Depok, Jawa Barat kepada bebeja.com. “Mangga ini istimewa karena besar dan manis sekali,” ujar pemilik Tani Subur makmur itu.

Saat bebeja.com mencicipi, buah berbobot rata-rata 500-800 gram itu terasa manis legit di lidah. Teristimewa lagi saat mangga tersebut matang, kulit buah yang kekuningan bak bersalin rupa penuh rona jingga kemerahan, mirip mangga gedonggincu. Sungguh elok dan menggoda.

Mangga yang merupakan hasil seleksi H Urip, pekebun mangga di Desa Nunuk, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat itu, saat ini mulai banyak dikebunkan serta menghiasi pekarangan-pekarangan rumah pehobi di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera hingga Kalimantan. “Orang menyukai karena bentuk buah besar serta rasanya yang sangat manis. Jarang dijumpai buah mangga berukuran besar dan manis,” ujar H Urip seperti dikutip Suwarno.

mangga-agrimania3H Urip yang akrab dengan dunia pertanian sejak kanak-kanak lantas menyematkan nama Agrimania Nunuk pada mangga yang setahun dapat berbuah hingga 3 kali itu. Nama Nunuk menempel sebagai penghargaan terhadap desa tempat H Urip mengembangkan mangga yang memiliki batang berukuran sedang sehingga tidak mudah roboh walau diterpa angin itu.

Mangga agrimania nunuk kini telah dipatenkan oleh dinas pertanian setempat sebagai mangga unggulan. Mangga yang menyabet gelar pada Lomba Buah Unggul Nasional 2014 itu pamornya kini sejajar dengan mangga unggulan Indramayu lain yang kondang terlebih dahulu seperti mangga gedonggincu dan mangga cengkir.

mangga-agrimania2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 50 = 51