Konsep Tepat Taman Vertikal

taman-vertikal

Sejatinya taman vertikal merupakan taman yang dibuat dengan memanfaatkan media vertikal atau tegak lurus. Taman vertikal yang sering disebut pula sebagai green wall atau vertical landscape sejauh ini menjadi favorit lantaran telah menjadi solusi bagi pehobi taman yang hanya mempunyai area taman di pekarangan yang kecil dan sempit.

Pembuatan taman vertikal sangat memerlukan kejelian khusus agar seluruh elemen taman dapat berfungsi baik. Salah satu yang patut mendapat perhatian adalah cahaya matahari.

Arah datangnya cahaya matahari yang berbeda dalam satu tahun perlu dipertimbangkan dalam desain taman. Penerimaan cahaya matahari pada setiap dinding taman akan berbeda karena arah hadap dinding yang juga berbeda bila taman vertikal dibuat lebih dari satu. Dinding yang menghadap ke arah timur akan mendapat sinar sepanjang tahun dibandingkan dengan dinding yang menghadap ke arah utara atau selatan. Kondisi ini berikutnya akan menjadi pertimbangan dalam memilih tanaman yang tepat.

Penentuan struktur taman vertikal juga perlu memperhatikan dimensi facade dinding dan ruang hadap dinding. Dinding yang relatif lebih lebar memungkinkan untuk membuat area taman vertikal lebih besar. Namun, dinding yang relatif lebih sempit tetap menarik untuk dibuat taman taman vertikal yang bersifat fleksibel ukurannya.

taman-vertikal2Selanjutnya ruang yang berhadapan dengan taman vertikal ikut berpengaruh terhadap tipe taman. Rumah dengan ruang menghadap taman relatif sempit, tipe taman vertikal yang dipilih adalah sedikit memakan tempat seperti struktur rangka besi. Sebaliknya rumah dengan ruang menghadap taman vertikal relatif luas, dapat memakai tipe taman seperti Vertical Greening Module (VGM).

Pada struktur rangka besi, jenis tanaman yang cocok dengan mempertimbangkan aspek cahaya matahari adalah jenis tanaman merambat, tapi pada VGM bisa ditanami jenis tanaman penutup tanah.

Tanaman yang dipilih juga perlu mempertimbangkan aspek GREEN yakni G (Good microclimate); tanaman bisa menciptakan iklim mikro yang meningkatkan kenyamanan; R (Refresh the Air): tanaman bisa menjadi sumber udara bersih; E (Efficiency): tanaman mampu menghemat pemakaian lahan; E (Energy): tanaman bisa membantu penghematan energi; dan N (Natural): tanaman memberi kesan alami.

4 Responses to Konsep Tepat Taman Vertikal

  1. keren gan Informasinya… pas mau bikin kayak gini ada artikel ini…

  2. wah bagus-bagus nih informasinya, banyak yang saya ambil dan ikut disebarkan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =