Koran, Solusi Talang Hidroponik Tak Sempurna

hidroponikTak selamanya talang hidroponik sistem Nutrient Film Technique (NFT) dapat lurus sehingga aliran nutrisi merata diseluruh bagian talang. Seiring waktu, seringkali posisi talang miring sekian derajat karena tidak sempurna lagi bentuknya.

Pada talang NFT sepanjang 20 meter yang sudah berumur pakai di atas 3 tahun, misalnya, kemiringan talang bahkan bervariasi, di salah satu bagian miring ke kiri dan bagian lainnya miring ke kanan.

Kondisi itu otomatis membuat nutrisi hanya mengalir di salah satu sisi yang miring atau berbelok jika bentuk talang berubah. Efeknya pertumbuhan tanaman hidroponik menjadi tidak seragam. Namun solusi hal itu mudah, yakni dengan memberi lapisan koran di bagian dasar talang. Tidak perlu tebal, cukup 1-2 lembar koran yang dilipat seukuran lebar talang. Tujuannya agar aliran nutrisi tetap merata sepanjang talang.

Sebelum dipakai lapisan koran tersebut direndam selama 15-20 menit untuk menghilangkan karbon tinta. Nah lapisan koran itu juga punya manfaat lain, yakni sebagai penjerat nutrisi. Nutrisi terserap koran sehingga meski tanaman tak dialiri selama 24 jam pertumbuhan tetap bagus. Akar pun tersebar merata membentuk lingkaran. Tanpa koran sebarannya searah aliran nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 41 = 50