Krokot Bikin Kulit Cerah Dan Mulus

krokot2Ini rutinitas Putri Fadhilah saban bulan. Perempuan 26 tahun itu membeli produk kecantikan pencerah sekaligus membuat kulit mulus di salah satu gerai kosmetik asal Korea di salah satu mall di Jakarta Timur.

Namun Putri tidak mengetahui salah satu bahan baku yang umum dipakai pada produk kecantikan asal negeri Ginseng itu adalah krokot Portulaca oleracea.Gelang-sebutan krokot di Jawa Barat-memang terbukti mampu mencerahkan sekaligus membuat kulit mulus.

Riset Myong Hee Lee dan rekan dari Department of Cosmetic Science, Daejon Health Science, di Korea Selatan, mengungkap senyawa tanaman anggota keluarga Portulacaceae itu seperti asam lemak omega-3 (alpha-linolenic acid), betasyanin, betakaroten, dan betasyanthin memiliki efek serupa dengan asam askorbat, asam kojat, dan arbutin. Ketiga senyawa yang disebut terakhir merupakan bahan pemutih kulit.

Pada uji in vivo dengan 7 laki-laki berumur 27-57 tahun menunjukkan pemakaian lotion mengandung ekstrak krokot yang kaya antioksidan itu ke area dekat mata sebanyak 2 kali sehari selama enam pekan menunjukkan terjadi peningkatan kecerahan kulit dan mengurangi kerutan.

Sejatinya proses pemutihan kulit terjadi melalui mekanisme inhibisi tirosinase. Tirosinase merupakan enzim yang terlibat dalam biosintesis melanin di kulit manusia. Enzim itu mempunyai kemampuan mengkatalisis tiga reaksi berbeda dalam satu jalur biokimia biosintesis melanin yang membentuk pigmen melanin (pigmen kecokelatan). Nah riset Myong Hee Lee membuktikan ekstrak krokot mampu menghambat enzim itu sehingga penggelapan kulit bisa diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

95 − 88 =