Kupu-kupu Banci Dua Warna

kupu-kupuAdik-adik dalam bebeja kids kali ini kakak bebeja ingin berkisah mengenai kupu-kupu dua warna. Kupu-kupu dua warna memang memiliki penampilan tak lazim. Kedua sayapnya berbeda warna. Salah satu warna sayap itu dominan satu warna dan cenderung gelap. Itulah ciri betina. Namun sayap lain adik-adik, bercorak warna-warni sebagai penanda bila ia jantan.

Para ahli entomologi alias ahli serangga menyebutkan kondisi yang terjadi akibat kegagalan pemisahan kromosom pada salah satu rangkaian proses mitosis di tubuh itu sebagai gyneandromorph. Gyne (baca: gina) dalam bahasa latin bermakna betina, sedangkan andro (jantan). Di tanahair, kupu-kupu ini kerap disebut kupu-kupu banci.

Nah adik-adik, gyneandromorph yang juga dijumpai terjadi pada ketam dan udang tersebut terbilang langka. Peluang terjadinya hanya 1:10.000. Jadi bila suatu ketika adik-adik dapat melihat langsung di alam, boleh jadi adik-adik adalah makhuk paling beruntung. Harap mafhum sang kupu-kupu tersebut telah memilih adik-adik untuk menikmati keunikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =