Kuswata Kartawinata PhD: Diversitas Ekosistem Alami Indonesia

Pakar ekologi dan taksonomi tumbuhan Indonesia, Kuswata Kartawinata PhD, meluncurkan buku Diversitas Ekosistem Alami Indonesia. Anggota Commision on Ecology of the International Union for Conservation Nature (IUCN) tersebut sangat menyadari, bahwa pengetahuan ekosistem tropika di Indonesia masih belum lengkap sehingga perlu upaya untuk menghimpun serta menyarikan data yang terpencar agar bisa memberikan gambaran lebih lengkap mengenai ekosistem tropika tersebut.

Secara mendalam, buku yang diterbitkan LIPI Press dan Yayasan Obor Indonesia pada Juni 2013 itu menyuguhkan kombinasi penyajian menarik antara paparan singkat disertai foto dan gambar yang mewakili.

Kusawata Kartawinata yang juga Research Associate Botany Departement, Field Museum di Chicago, Amerika Serikat itu, menyajikan pula hasil pengamatan lapangan selama berkecimpung dalam dunia ekologi tumbuhan di tanahair selama lebih dari 2 dasawarsa.

Buku yang didedikasikan oleh mantan kepala Herbarium Bogoriense itu kepada Prof Emeritus DR Dieter Mueller-Dombois, pakar ekologi tumbuhan dari University of Hawaii tersebut, diharapkan dapat memberikan pencerahan serta manfaat bagi dunia penelitian, pendidikan konservasi dan lingkungan, pecinta alam, serta wisatawan.

Buku yang disunting oleh Jenny Kartawinata, mantan redaktur pelaksana Majalah Femina dan Prof Riset Rochadi Abdulhadi dari LIPI tersebut, diharapkan pula bermanfaat bagi para pengambil keputusan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati secara bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

69 + = 79