Labu Kuning Kurangi Pembengkakan

labu1Pembengkakan di atas kulit atau edema dapat terjadi antara lain akibat alergi, gigitan serangga, hingga gagal jantung serta gagal ginjal.

Pada gagal jantung, misalnya, lantaran jantung kesulitan memompakan darah, sebagian darah tersebut seolah tertahan di kaki sehingga timbul pembengkakan. Pembengkakan itu bersifat pitting, yakni bila ditekan jari misalnya kulit membengkak tidak akan langsung kembali seperti semula, tetapi meninggalkan bekas tekanan jari.

Saat diraba pembengkakan itu biasanya terasa kenyal serta dapat diikuti nyeri atau demam. Edema yang disertai rasa nyeri dan demam mengindikasikan terjadinya infeksi. Edema lazim ditemui pada kaki, perut, lengan, wajah, dan kelopak mata bagian atas. Edema disertai gatal dan ruam-ruam kemerahan di kulit terjadi akibat reaksi alergi.

Labu kuning, salah satu bahan kolak ternyata memiliki kemampuan mengurangi pembengkakan. Itu berkat kehadiran senyawa flavonoid. Riset Merry Senewe, Paulina Yamlean, Weny Wiyono dari Program Studi Farmasi FMIPA Univeristas Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi utara terhadap anggota keluarga Cucurbitaceae itu membuktikan labu kuning dapat bersifat antiinflamasi alias antiradang. Inflamasi salah satunya ditandai dengan terjadinya pembengkakan.

Konsumsi daging buah labu yang biasanya dipakai sebagai masker untuk menghilangkan kulit kusam dan kasar di wajah itu dapat menekan lepasnya prostaglandin oleh enzim siklooksigenase yang menyebabkan pembengkakan. Prostaglandin terbentuk sebagai respon tubuh terhadap kerusakan jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − 52 =