Larva Kumbang Kayu Jadi Pakan Ikan

larva-kumbangKotak kaca berukuran 90 cm x 60 cm setinggi 40 cm itu tampak biasa seperti akuarium ikan lazimnya. Namun bukan air, tapi serbuk kayu kehitaman yang mengisi seperempat dari tinggi akuarium tersebut.

Tak ada sesuatu istimewa sampai kemudian timbunan serbuk tersebut dituangkan di atas wadah. Di sana tampaklah gerombolan lurva kumbang kayu kebiruan seukuran satu ruas kelingking orang dewasa yang gemuk.

Larva kumbang kayu itu diternak oleh kelompok pembudidaya ikan Akbar Sejahtera di Lampung Selatan sebagai pakan ikan. Saat dipanen, larva dari kelompok Coleoptera itu dikeringkan lantas dicampurkan sebagai bahan pakan. Sebagai bahan pakan, larva kumbang tersebut memiliki kandungan protein cukup tinggi di atas 40% yang cocok memenuhi gizi ikan untuk tumbuh dan berkembang.

Pemanfaatan larva kumbang sebagai pakan merupakan terobosan baru. Selama ini kumbang dianggap hama. Ia menyukai tanaman berumur sekitar 1 tahun, lantas melubangi pangkal batangnya yang merusak titik tumbuh tanaman. Pun tanaman dewasa dengan cara melubangi pelepah yang belum sempurna terbuka. Kini larva kumbang hama itu potensial sebagai pakan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 + = 97